Skip to content

cara memindahkan blackberry lama ke blackberry baru secara keseluruhan

February 7, 2012

Blackberry, salah satu gadget yang belum bisa terlepaskan oleh sebagian besar orang di Indonesia. Berbagai fitur dapat digunakan pada gadget ini, sebut saja push mail, chat aplikasi seperti blackberry messenger, yahoo messenger, social media seperti facebook dan twitter dan bahkan saat ini muncul berbagai aplikasi yang penuh kegunaan bagi pengguna gadget ini. Sebagai alat komunikasi, tentunya perkembangan teknologi, fitur dan lain sebagainya, menyebabkan perubahan model yang beredar di pasaran. Tapi, pernahkan anda berpikir, bagaimana memindahkan seluruh data yang ada pada blackberry lama ke blackberry baru? Haruskah kita melakukan re-invite ke seluruh contact list pada BBM kita? Atau apakah phone contact dan seluruh sms di blackberry lama harus kita relakan begitu saja?

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi cara untuk melakukan perpindahan data dari blackberry lama ke blackberry baru. Research in motion telah menyediakan fitur yang bernama “switch device” pada blackberry device manager. Fitur ini memungkinkan kita melakukan pertukaran blackberry tanpa kehilangan sedikitpun data. Cara ini telah saya lakukan berulang kali dengan persentase keberhasilan sebesar 99%, 1% lainnya bukanlah kegagalan, namun kekuranglengkapan data yang terpindah ke device baru, data tersebut adalah Blackberry messenger groups.

Sebelum anda memulai proses perpindahan data, langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah :
1. Menyiapkan pc yang terdapat Blackberry device manager.
2. Menyiapkan kabel data yang tepat, baik untuk blackberry yang lama dan juga yang baru.
3. Hidupkan blackberry desktop manager, lalu hubungkan blackberry lama anda via usb kabel.
4. Sebelum melakukan switch device, ada baiknya anda melakukan full backup untuk device lama, ingat posisi file backup (file extension .IPD)
5. Setelah selesai full backup, tekan pilihan switch device pada menu di dalam blackberry device manager, klik blackberry lama anda (tertera model dan no PIN)..
6. Proses tersebut akan berakhir pada saat muncul satu pesan yang kurang lebih berbunyi, “hubungkan blackberry baru anda”, cabut blackberry lama anda, lalu hubungkan blackberry baru anda. Device manager akan menampilkan model dan no pin baru anda, lalu klik.
7. Tunggu hingga rangkaian proses selesai, sementara itu matikan blackberry lama anda, dan cabut sim card anda. (Pastikan anda tidak mencabut kabel usb sebelum proses ini selesai, apabila secara tidak sengaja anda mencabut usb kabel, anda harus mengulang rangkaian proses sebelumnya).
8. Setelah proses switch device selesai, cabut blackberry baru anda hiraukan dialog wipe all data pada blackberry lama anda, lalu matikan blackberry baru anda, cabut batere dan masukan sim card dari blackberry lama anda.
9. Hidupkan blackberry baru anda, masukan pin sim card jika ada, lalu tunggu kurang lebih 1-2 menit hingga terhubung dengan blackberry network.
10. Jika anda menggunakan push email, lakukan validate email password pada menu setup-email setup.
11. Pastikan seluruh data telah berhasil terpindahkan dengan baik, anda bisa mengecek dengan menghidupkan blackberry lama anda tanpa sim card didalamnya.
12. Setelah memastikan bahwa seluruh data telah benar, untuk mencegah contact list anda berbenturan dengan blackberry lama, anda harus menghapus seluruh data yang ada di blackberry lama (kecuali media card) dengan cara masuk ke option-security-security wipe.

Viola, anda telah berhasil memindahkan blackbery.

About these ads

From → blackberry

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: